Hati-Hati! Gambar dengan Lisensi Gratis Disertai Link Tetap Bisa Diblokir

Juli 09, 2023

Hari ini saya mendapat peringatan dari Google Blogger:"Postingan ini tidak dipublikasikan karena melanggar Pedoman Komunitas Blogger. Untuk memublikasikan ulang, perbarui konten agar mematuhi pedoman".

Peringatan ini terkait artikel yang dipublish kemarin tentang cara peletakan kode pada template. Awalnya saya posting tanpa disertai gambar ilustrasi yang berasal dari freepik.com. Namun kemudian saya edit kembali dengan memasukan gambar.

Keesokan harinya, yaitu hari ini saya baru mau menulis eh ada peringatan dari Blogger. Padahal saya menempatkan tautannya tanpa dirubah menjadi no follow. Adapun format gambarnya yang tadinya JPG memang saya rubah menjadi WEBP.

Mungkin itulah letak pelanggaran yang saya lakukan. Sehingga yang mempunyai gambar tersebut menggunakan link 'Laporkan" dan melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh blog ini.

 

Tentang Gambar dari Freepik

Freepik.com merupakan sebuah website yang menyediakan gambar gratis dan premium. Ini masih satu perusahaan dengan flaticon yang menyediakan gambar juga. Dan saya memang baru kali ini ingin menghiasi artikel dengan gambar dari mereka. Karena sebelumnya lebih sering menggunakan gambar dari pixabay.

Oleh karena itu saya coba mengambil gambar mereka untuk satu artikel. Kemudian besoknya lagi ambil lagi satu gambar. Tapi tentu saja saya perhatikan "License summary" dan "how to attribute" yang tertera.

Untuk gambar pertama dengan kedua semuanya dengan lisensi gratis. Dan itu tidak ada masalah karena saya sertakan juga tautan yang mengarah ke sana.

Namun untuk gambar yang ketiga kalinya saya dapati pengalaman yang berbeda. Padahal dengan lisensi gratis dan disertakan juga link attributnya. Hanya saja kali ini tidak mengambil sumber yang sama meskipun sama-sama dari freepik.com.

Dengan kata lain, akun gambar gratis yang menjadi rujukan di freepik kali ini beda.

 

Free License dari Freepik Terkadang Tidak Free

Menulis artikel di blogspot meskipun gratis tetap harus mengikuti pedoman komunitas. Sehingga, pedoman kebijakan konten ini harus dipahami sebelum menulis. Sayangkan jika berfikir keras menulis artikel panjang namun tidak sesuai?

Karena solusi untuk mengatasi dugaan pelanggaran ini hanya dengan menghapus konten yang dianggap melanggar tersebut. Seperti apa yang saya alami pertama kali ini yang dianggap melanggar pedoman komunitas.

Namun pada kasus saya pribadi bukan tentang konten tulisannya. Karena setelah saya renungkan lebih jauh sepertinya terkait gambar dari freepik.com. Oleh karena itu, saya share saja pengalaman terkait kena blokir ini. Meskipun yang digunakan adalah gambar gratis yang disertai link atribusi.

Dan benar saja, setelah menghapus gambar gratis dari freepik.com serta link yang menuju akun vectorjuice ini kembali normal. Sontak saja, saya hapus juga gambar gratis dari freepik pada artikel lainnya meskipun bukan dari vectorjuice.

 

Cara Memulihkan Artikel yang Diblokir Karena Dugaan Pelanggaran

Evaluasi artikel diperlukan ketika mendapati pemberitahuan adanya dugaan pelanggaran. Dengan mengevaluasi apa yang kita tulis dan gambar apa yang kita tambahkan akan diketahui. Mana sebetulnya yang menjadi terduga adanya pelanggaran yang dimaksud.

Setelah mengetahui apa yang sesungguhnya terjadi tentu kita paham apa yang harus dilakukan setelahnya. Dan pada contoh kali ini saya sudah meyakini sebelumnya, sumber masalah munculnya peringatan adanya pelanggaran ini, yakni setelah menambahkan gambar dari freepik.

Oleh karena itu, berikut ini cara memulihkan artikel blog yang diblokir karena melanggar pedoman komunitas dari Blogger.

1. Login ke blogger dan lihat pada bagian "Postingan".

2. Klik artikel blogspot yang ditandai dengan icon mata tercoret.

3. Artikel yang sudah diposting tapi terkena blokir akan kembali menjadi draft alias dalam keadaan "disembunyikan" dan tidak terlihat di beranda blog.

4. Cari bagian yang memiliki kemungkinan pelanggaran terhadap pedoman komunitas.


5. Hapus bagian dari konten yang diduga melanggar pedoman komunitas.

6. Klik "Minta peninjauan"

7. Tunggu beberapa saat selama notifikasi "Postingan ini sedang dalam peninjauan"

8. Selang beberapa menit kemudian buka kembali beranda blog Anda. Jika sudah terlihat di blog berarti sudah disetujui. Silahkan juga cek kembali draft artikel tersebut di blogger yang sudah dalam keadaan sudah terposting.

9. Artikel blog kini sudah bisa dilihat kembali.

 

Penutup

Ada pelajaran setelah menggunakan gambar gratis dari dari freepik. Meskipun gambar memiliki peran yang sangat penting dalam artikel blog. Tetap saja sebagai seorang blogger harus berhati-hati menggunakannya meskipun gratis.

Sebagai penjelas konsep atau ide dalam sebuah tulisan, gambar sebaiknya diproduksi sendiri. Tapi jika belum bisa, ya biarkan saja yang penting tetap bisa menulis. Meskipun nanti artikelnya akan terlihat monoton dan kurang menarik.

Toh sebagian orang ada juga yang mencari tulisannya kan? Namun jika penggunaan gambar wajib bagi Anda dalam keadaan belum bisa desain sendiri? Maka website seperti pixabay dan yang semisalnya bisa menjadi pilihan. 

Selamat beraktifitas.

Baca Juga

Share This:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts