Cara Singkat dan Mudah Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

Juli 28, 2023

"Disclaimer" termasuk wajib tercantum bagi sebuah website selain privacy police dan terms of service. Apalagi jika kegiatan menulis melalui platform blogspot gratisan adalah monetisasi dengan Google Adsense.

Salah satu fungsinya adalah melindungi pemilik blog dari tanggung jawab secara hukum. Misalnya, ketika ada klaim palsu dari pengiklan atau pengguna. Maka halaman disclaimer dapat membantu menyatakan batasan tanggung jawab itu.

Dengan demikian, pemilik blog tidak akan bermasalah secara hukum karena sudah dijelaskan pada halaman disclaimer yang bisa diakses secara bebas. Termasuk pengiklan atau pun pengguna yang membuat klaim palsu tersebut.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat halaman disclaimer. Adapun metode yang ditempuh tentunya cara singkat dan paling mudah. Karena hanya dengan beberapa klik saja pasti selesai.


Cara Singkat dan Mudah Membuat Halaman Disclaimer Untuk Blog

Google Adsense merupakan cara paling umum bagi blogger untuk monetisasi. Sebagai mitra publisher, Google memiliki persyaratan ketat yang harus dipatuhi. Kebijakan ini dipersyaratkan oleh Google untuk menggunakan layanan mereka.

Salah satu persyaratan itu adalah dengan menyediakan kebijakan privasi dan disclaimer. Dengan memiliki halaman disclaimer, Anda mematuhi persyaratan ini dan menjaga kesesuaian blog Anda dengan kebijakan Google AdSense.

Untuk itu, Kami memperkenalkan disclaimer generator dari privacy police online. Dengan tool ini kita bisa membuat halaman disclaimer hanya dengan beberapa klik. Pada prakteknya, halaman disclaimer ini akan kita pasang pada website blogspot. 

Agar lebih jelas, tutorial cara singkat membuat halaman disclaimer ini akan kami bagi dua bagian. Pertama tentang cara penggunaan disclaimer generator. Dan kedua tentang cara menempatkan hasilnya agar menjadi halaman di blogspot.


Disclaimer Generator Untuk Situs Blogspot

Privacy Police Online menyediakan tool yang dibutuhkan oleh Blogger secara gratis. Tool ini merupakan generator yang bisa menghasilkan halaman privacy police, terms of service dan disclaimer.

Halaman-halaman tersebut dibutuhkan oleh Blogger sebelum mendaftarkan diri sebagai publisher Google Adsense. Dan berikut ini cara penggunaan disclaimer generator dari privacy police online.

1. Kunjungi website privacy police online > Free Generators > Disclaimer Generator.

2. Masukan nama website serta alamatnya, kemudian klik "Next".

3. Isi kolom wilayah (country) dan provinsi (state) serta alamat email. Kemudian klik "Create Disclaimer".

4. Klik "Copy to clipboard".


Cara Menampilkan Halaman Disclaimer di Blogspot

Setelah berhasil membuat disclaimer dengan generator yang disediakan oleh privacy police online. Selanjutnya kita masuk tahapan penempatannya pada halaman blogger. Dan berikut ini tata cara selengkapnya yang disertai gambar.

1. Masuk ke dashboard Blogger, klik "Halaman".

2.  Klik "Halaman Baru", beri judul misalnya "Disclaimer".

3. Pilih mode "Tampilan HTML".


4. Seleksi semua kode yang terlihat kemudian klik kanan dan pilih "Paste".

5. Klik "Publikasikan".

6. Klik "Konfirmasi".

7. Klik kanan pada icon "View" kemudian pilih "Copy link"

8. Masuk ke "Tema" > "Edit HTML" dan tempatkan di sana.


Kesimpulan

Secara keseluruhan, halaman disclaimer membantu memastikan kepatuhan dengan persyaratan Google AdSense dan peraturan hukum yang berlaku. Jika membuat dengan kata-kata sendiri pastikan menyusun halaman disclaimer dengan benar.

Hal tersebut tentu akan menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Karena tulisan tersebut mengandung konsekuensi secara hukum. Sedangkan blogger yang kegiatannya menulis untuk hobi pribadi tentu tidak semuanya paham hukum.

Oleh karena itu, cara yang paling mudah adalah menggunakan disclaimer generator yang tersedia di internet. Dan pada artikel kali ini kita sudah melakukannya dengan privacy police online.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Share This:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts