Cara Singkat dan Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Juli 27, 2023

Privacy Policy merupakan pernyataan yang penting bagi pemilik blog dan bagi pengunjungnya. Melalui halaman "kebijakan pribadi" ini, sebuah blog memberikan penjelasan lengkap tentang bagaimana mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi data pribadi pengunjung.

Sedangkan program AdSense yang dimiliki Google adalah salah satu cara blogger mendapatkan uang dari internet. Cara yang dikenal dengan istilah "monetisasi" ini mengharuskan blogger untuk mematuhi aturan dan kebijakan Google yang ketat terkait privasi pengguna atau pengunjung blog.

Sebagaimana dimaklumi bersama, Google AdSense menggunakan cookie dan teknologi lainnya untuk menampilkan iklan yang relevan bagi pengunjung. Oleh karena itu, Privacy Policy menjadi perangkat yang vital untuk memberikan pemahaman tentang informasi apa yang dikumpulkan, bagaimana informasi tersebut digunakan, dan dengan siapa informasi tersebut mungkin dibagikan.


Cara Singkat dan Mudah Membuat Privacy Policy Untuk Blog

Privacy Policy merupakan langkah konkret untuk menjamin keamanan data pribadi pengunjung. Dan mereka memiliki hak untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana informasi tersebut digunakan dan bagaimana sebuah website dapat mengelola preferensi pengunjung terkait iklan yang ditampilkan.

Dan dalam artikel ini akan dijelaskan cara singkat dan mudah membuat privacy policy. Sehingga, ini sangat menguntungkan bagi pemula yang memiliki keterbatasan terkait masalah hukum. Dan cara singkat ini semakin mempercepat pengerjaan halaman tanpa ada kendala di kemudian hari.

Anda sedang bersiap menempuh setapak demi setapak untuk mengais penghasilan online? Berikut ini cara singkat membuat privacy police yang dicontohkan dengan situs blogspot atau blog gratisan di blogger.com.


Privacy Policy Generator Untuk Situs Blogspot

Untuk membuat halaman privacy police dibutuhkan beberapa tahapan yang bisa kita bagi menjadi 2 bagian. Pertama, yaitu cara menggunakan privacy policy generator. Dalam hal ini sudah dipilihkan satu website yang memiliki layanan dengan cakupan yang luas.

Layanan tersebut dibutuhkan oleh semua blogger yang ingin mendapatkan uang online dari internet. Yaitu; generator privacy policy, terms of service dan disclaimer. Pada kesempatan mendatang mudah-mudahan dilanjutkan dengan pembuatan halaman lainnya yang semisal.

Sedangkan cara kedua merupakan kelanjutan dari langkah yang sudah dilakukan sebelumnya. Cara ini berkisar tentang cara menempatkan konten yang didapat dari generator privacy police. 

Untuk lebih jelasnya, kita mulai saja dengan langkah pertama; cara menggunakan privacy police generator.


Cara Menggunakan Privacy Policy Generator

Untuk membuat halaman privacy policy, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Kunjungi website privacy policy online.

2. Scroll ke bawah, klik "Generate Privacy Policy".

3. Masukan nama website serta alamatnya, kemudian klik "Next".

4. Jawab semua pertanyaan lalu klik "Next".

5. Masukan email lalu klik "Create privacy policy".

6. Klik "Copy to clipboard"


 

Cara Menampilkan Halaman Privacy Policy di Blogspot

Selanjutnya kita pasang ke dalam halaman statis di blogger, caranya adalah:

1. Masuk ke dashboard Blogger, klik "Halaman".

2. Pilih mode "Tampilan HTML".

3. Seleksi semua kode yang terlihat kemudian klik kanan dan pilih "Paste".

4. Privacy police dengan mode tampilan HTML sekarang terlihat.

5. Dan ini yang terlihat dalam mode "Tampilan menulis". Tambahkan kata jika diperlukan, setelah itu silahkan klik "Publikasikan".

6. Klik "Konfirmasi".

7. Klik kiri icon "Lihat" untuk melihat halaman privacy policy. Atau klik kanan kemudian pilih "Copy link" untuk menautkan pada menu navigasi sesuai template yang digunakan.

8. Jika kita klik icon "Lihat" maka akan terbuka halaman privacy police di tab baru.


Kesimpulan

Tersedianya halaman privacy policy menunjukan komitmen sebuah website untuk memenuhi standar tertinggi dalam menjaga privasi dan keamanan informasi pribadi pengunjung blog. 

Hal ini seiring dengan kebijakan Google Adsense yang mensyaratkan kepatuhan blogger terhadap peraturan privasi yang berlaku. Dan ini poin terpenting bagi blogger yang ingin bergabung menjadi publisher Google Adsense.

Karena kepatuhan terhadap peraturan privasi adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang kuat dan berkelanjutan. Dengan demikian, seorang blogger tetap menyajikan konten gratis namun berkualitas kepada pengunjung.

Selamat mencoba.
Baca Juga

Share This:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts