Cara Menambahkan Properti dan Sitemap Blogspot di Google Search Console

Juli 10, 2023

Sudah banyak artikel yang ditulis sejak minggu lalu. Tapi kenapa tidak ada satu pun yang terindeks oleh mesin pencari Google? Ini adalah masalah klasik yang dialami semua pemula. Dan dengan bahasan ini kita akan temukan jawabannya.

Tapi ini tidak akan secepat periode blogger awal sebagaimana diceritakan senior. Meskipun demikian, cara-cara yang akan diterangkan di bawah ini harus tetap dilakukan. Karena merupakan sebuah keharusan daripada tidak sama sekali.

Dan ini terkait dengan Search Console yang dikenal sebelumnya dengan Google Webmaster Tools. Tool yang disediakan oleh Google inilah yang memastikan kehadiran blog Anda pada mesin pencari ketika orang-orang menggunakannya.


Penentu Kehadiran Situs di Mesin Pencari Google

Apakah Anda baru selesai membuat situs blogspot baru? Sudah membuat banyak artikel tapi belum muncul di mesin pencari Google? Jika jawabannya ya, berarti kita mempunyai masalah yang sama. Karena ketika saya mencoba untuk mengakses "site://warasfood.blogspot.com" tidak menunjukan satu artikel pun yang terlihat.

Kemudian Saya akan mencoba melakukan perbaikan untuk situs blogspot ini. Hal ini berdasarkan pengalaman blog sebelumnya yang kini sudah menghasilkan uang. Dan ternyata, situs ini ada langkah yang terlupakan sehingga belum muncul di index mesin pencarian Google.

Langkah apakah yang saya maksud di atas? Ini terkait properti dan sitemaps yang harusnya tersedia di Google Search Console. Berikut ini tutorial selengkapnya tentang cara menambahkan properti dan sitemaps di Google Search Console.


Pengaturan di Google Search Console

Menambahkan properti dan sitemap di Google Search Console adalah dua hal yang sangat penting. Keduanya dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kinerja situs dalam hasil pencarian Google. 

Mengingat pentingnya properti dan sitemap bagi keberlangsungan situs. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara penambahannya untuk blogspot. Dan pembahasan ini akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Cara Menambahkan Properti untuk Situs Blogspot

Langkah pertama yang akan kita bahas adalah cara menambahkan properti. Perlu diketahui, ketika Anda menambahkan blogspot Anda sebagai properti di Google Search Console. Maka Anda memberi tahu Google bahwa Anda adalah pemilik dan mengontrol situs tersebut. 

Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak kinerja blogspot Anda di mesin telusur dan memperoleh wawasan yang berharga mengenai bagaimana blogspot Anda ditampilkan dalam hasil pencarian Google. 

Berikut ini cara menambahkannya untuk situs blogspot.

1. Login ke Google Search Console dan klik "Tambakan properti".

2. Masukan nama situs blogspot kemudian klik "Lanjutkan".

3. Klik "Selesai" atau langsung "Buka properti".


4. Penambahan properti sudah berhasil.


Cara Menambahkan Sitemap untuk Situs Blogspot

Langkah kedua yang harus dilakukan ketika baru memulai blogging adalah menambahkan sitemap. Sitemap adalah file XML yang berisi daftar URL halaman yang ada di blogspot Anda. 

Dengan mengirimkan sitemap melalui Google Search Console, Anda memberikan petunjuk kepada Google mengenai struktur dan konten blogspot Anda. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar bisa menambahkan sitemap.

1. Buka properti situs blogspot yang sudah dibuat.

2. Klik "Peta Situs".


3. Tambahkan peta situs blogspot misalnya https://warasfood.blogspot.com/sitemap.xml". Silahkan rubah nama "warasfood" sesuai dengan nama blog Anda.

4. Klik "Kirim".

5. Klik "Ok".

6. Penambahan sitemap situs blogspot berhasil.


Penutup

Kehadiran situs blogspot di mesin pencari menjadi faktor penentu keberhasilan online Anda. Siapa tahu kan hobi nulis di blogspot bisa menghasilkan uang? Misalnya dengan mendaftarkan situs blogspot ini ke Google Adsense.

Untuk itulah merupakan sebuah kewajiban bagi pemilik situs blogspot untuk menambahkan properti dan sitemap. Karena kedua faktor itu menentukan kehadiran situs blogspot Anda di mesin pencari Google.

Jadi, sudahkan situs blogspot Anda terlihat di mesin pencari? Silahkan terapkan cara-cara di atas dan tunggu hasilnya. Cara ini juga sudah dibuktikan pada situs blogspot saya yang lainnya namun sudah custom domain.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Share This:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts