Cara Membuat Situs Blogspot Untuk Praktek Ngoding

Juli 06, 2023

Memiliki situs blogspot untuk uji coba kode merupakan sebuah keharusan. Karena penerapan kode selama belajar otodidak harusnya bukan dilakukan di blog utama yang menjadi tempat untuk menulis artikel.

Melainkan situs blogspot lainnya yang memang dibuat khusus untuk itu. Contoh dari saya pribadi seperti Terisi Info yang dibuat dengan Halfmoon. Atau blog ini yang dulunya merupakan laboratorium praktek juga namun dengan Bootstrap. 

Setelah yakin barulah saya jadikan template di blog utama; contohnya Sebardi Blog. Dengan keputusan ini, theme warasfood berubah nama menjadi Sebardi Theme. Karena saya gunakan di sana dan perubahan kecil juga langsung di sana.

Sehingga, episode theme warasfood dengan Bootstrap kini sudah selesai. Esok hari saatnya berubah haluan dengan mengusung teknologi yang lain. Rencananya murni HTML, CSS dan JavaScript. Serta tidak menggunakan Bootstrap, Halfmoon atau framework lainnya.


Cara Membuat Situs Blogspot Sebagai Tempat Belajar Kode

Untuk membuat situs blogspot sebagai tempat praket tidaklah sulit. Pembuatan situs blogspot ini sama seperti biasanya. Karena dengan akun email yang sama kita bisa membuat banyak situs blogspot.

Bahkan menurut Tante Wiki disebutkan bahwa seorang pengguna dapat memiliki 100 blog per akun. Namun sayangnya, laman Google yang dijadikan rujukan tersebut tidak secara jelas menyebutkan demikian.

Tapi bisa jadi juga apa yang disebutkannya memang benar. Karena Wikipedia mengaksesnya pada tanggal 2020-03-01 sebagaimana diakuinya. Yang jelas itu semua tidak menjadi masalah. Siapa sih yang memiliki 100 subdomain blogspot?

Umumnya orang, 10 subdomain blogspot per akun juga sudah lebih dari cukup.


Cara Membuat Situs Blogspot di Blogger 

Subdomain blogspot bisa digunakan untuk mempelajari apapun yang terkait desain web. Meskipun tidak semua platform bisa sesuai dengan platform Blogger. Tapi saya sendiri sudah mencoba membuktikannya dengan dua framework CSS.

Yaitu Bootstrap dan Halfmoon yang memudahkan pembuatan template blogspot dari nol. Padahal apa yang saya lakukan itu semata-mata pekerjaan otodidak. Alias tidak mengikuti pendidikan khusus yang berbayar secara online maupun offline.

Nah, sekarang saya mau mencoba membuat subdomain blogspot lagi. Bagi yang belum tahu, subdomain blogspot ini dibuat dengan Blogger secara gratis. Berikut ini cara membuatnya yang ditujukan untuk laboratorium kode.

1. Login ke Blogger.

2. Di sebelah kiri, klik panah bawah ( ).

3. Klik "Blog baru..".

4. Masukkan nama blog.

5. Klik "Berikutnya".

6. Pilih URL atau alamat blog yang Anda inginkan.

7. Gunakan alamat lain jika ada peringatan dengan tulisan warna merah:"Maaf, alamat blog ini tidak tersedia".

8. Jika alamat blog yang kita ketikan ditandai dengan notifikasi:"Alamat blog ini tersedia" silahkan klik "Simpan".

9. Blog baru sudah siap digunakan.

 

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat situs blogspot yang akan dijadikan sebagai laboratorium kode. Dan Blogspot adalah platform yang sangat berguna bagi mereka yang ingin memulai perjalanan blogging mereka sendiri.

Membuat sebuah blog meskipun sifatnya gratisan dapat menjadi langkah pertama yang mengasyikkan dalam membagikan minat, pengetahuan, atau bahkan membangun merek pribadi. Dengan bantuan Blogspot, Anda dapat memulai perjalanan tersebut dengan mudah dan cepat.

Bahkan, jika berminat untuk mencari penghasilan dari internet pun bisa. Contohnya Google Adsense yang sama-sama kepemilikannya dengan Blogger. Namun selama proses perjalanan tersebut mungkin menemui kendala.

Dan sebagai seorang blogger, jangan lupa untuk terus belajar dan belajar.

Baca Juga

Share This:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts