Cara Membuat Situs Blogspot Untuk Mendapatkan Uang

Juni 11, 2023 ,

Mencari pekerjaan yang ideal membutuhkan faktor pendukung yang tidak sedikit. Mulai dari tingkat pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan tambahan yang dimiliki hingga batas usia yang rentangnya sudah ditentukan oleh perusahaan.

Belum lagi ketersediaan lapangan pekerjaan yang dipengaruhi banyak hal. Entah terkait kebijakan politik, kehidupan sosial masyarakat, pertumbuhan ekonomi dan lain sebagainya yang bisa berubah setiap saat setiap waktu.

Bisa dipastikan bagi seseorang yang tidak memiliki keterampilan yang memadai. Kemungkinan besarnya akan tergerus oleh perkembangan zaman. Oleh karenanya tidak heran jika kemudian banyak yang mencari pekerjaan alternatif.

Salah satunya adalah menjadi blogger yang mendapatkan penghasilan. Ya, meskipun dengan situs blogspot gratisan. Memangnya bisa? Tentu saja! Sudah banyak yang membuktikannya.

 

Cara Membuat Situs Blog Gratisan Hingga Menghasilkan Uang dari Internet

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas beberapa hal; membuat situs blogspot, memaksimalkan penggunaannya dan bagaimana monetisasinya. Karena penggunaan blogspot ini masih tetap diminati banyak orang.

Meskipun ada juga yang memprediksi profesi blogger ini akan ditinggalkan. Konon katanya minat baca kurang sehingga lebih menyukai audio visual daripada tulisan. Apalagi akhir-akhir ini muncul teknologi baru seperti chatGPT, Google Bard dll.

Akan tetapi menurut kami tidaklah demikian karena semua orang mempunyai kebutuhannya masing-masing. Sehingga, kesimpulan terhadap sebagian orang belum tentu dikatakan benar bagi sebagian lainnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya silahkan simak bahasan selengkapnya di bawah ini.


A. Membuat Situs Blogspot

Tahap awal untuk mendapatkan uang dari internet yaitu membuat situs blog. Lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut agar bisa membuat situs gratis di Blogger.

1. Login

Sebelumnya pastikan sudah mempunyai email aktif dari gmail kemudian buka situs blogger.com dan login dengan email Google.

2. Membuat blog

Setelah berhasil login, klik tombol "Buat Blog Baru".

3. Judul blog

Pada kotak dialog "Buat Blog Baru", berikan judul pada blog Anda.

4. Alamat blog

Setelah klik "Berikutnya" akan tampil menu "Alamat Blog". Silahkan ketik URL yang diinginkan, misalnya "warasfood" yang kemudian secara otomatis menjadi warasfood.blogspot.com. Jika tidak bisa silahkan coba dengan alamat yang lain.

5. Template

Pilih template yang ingin digunakan untuk blog. Template ini bisa kita ganti kapan pun kita mau.

6. Posting Artikel

Pada halaman Dashboard Blogger, klik "Buat Postingan" untuk membuat postingan pertama Anda. 

7. Halaman statis

Buat juga halaman statis yang berisi "about", "privacy policy", "disclaimer" dan "terms and conditions" seperti pada contoh blog ini. Isinya bisa dengan mengcopy dan paste dari situs atau blog lain. Tingal rubah sedikit saja sebagai salah satu syarat agar diterima bergabung dengan Google Adsense.

8. Publikasi

Setelah selesai membuat postingan klik tombol "Terbitkan" atau "Publikasikan". Blog Anda sudah bisa diakses oleh orang lain melalui URL yang telah dibagikan.

 

B. Optimasi Situs Blogspot

Optimasi situs blogspot tidak kalah penting dengan langkah sebelumnya. Karena tanpa dilakukan optimasi tidak akan cukup untuk mencapai keberhasilan. Dan ini tentang bagaima situs blogspot dikenali oleh mesin pencari. Sehingga proses blogging kita tidak cuma asal menulis.

Hal ini sebagaimana ucapan bijak dari orang yang tidak dikenal "Segala sesuatu ada ilmunya". Maka begitu pun juga dengan proses membuat blog hingga bisa menghasilkan uang dari kegiatan kita yang cuma menulis artikel. Dan berikut ini poin-poin yang harus diperhatikan agar situs blogspot kita optimal.

1. Tentukan Niche yang Menarik

Niche atau topik merupakan salah satu poin penting untuk menarik minat baca pengunjung. Niche ini idealnya didapatkan melalui analisa yang mendalam melalui tool yang berbayar. Namun bagi pemula seperti kita sepertinya cukup dengan memanfaatkan fitur gratis dari Google Keyword Planner atau Google Trends.

Dan yang terpenting dari hal tersebut adalah kemampuan kita yang bisa mengiringi topik pembahasan yang nanti akan selalu menjadi ulasan di situs blogspot kita. Sehingga bisa diambil kesimpulan, penentuan niche ini kembali ke masing-masing.

2. Buat Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas bukanlah pekerjaan ringan. Para blogger kawakan yang sudah menulis ribuan artikel pun tetap berusaha menghadirkan konten yang dianggap atau dinilai berkualitas.

Poin yang ditekankan di sini adalah pentingnya selalu berusaha membuat artikel sendiri. Usahakan untuk menghadirkan konten yang unik, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Meskipun kita tidak tahu apakah tulisan kita ini menarik.

Yang jelas, artikel yang kita tulis tersebut menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Pastikan artikel Anda informatif, terstruktur dengan baik, sesuai ejaan yang disempurnakan dan mudah dipahami.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Agar tulisan kita dikenali oleh mesin pencari harus memahami tool yang disediakan oleh Google. Beberapa contoh yang bisa disebut yaitu Google Keyword Planner, Google Search, PageInsight dan lain-lain.

4. Share Artikel ke Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn bisa dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan blog. Buat halaman bisnis atau akun pribadi yang sering menautkan artikel ke blog Anda. 

Selain menggunakan akun pribadi dan fp, bergabung dengan grup serta komunitas online terkait dengan topik blog akan memperluas jangkauan blog Anda.

5. Update Artikel Secara Berkala

Artikel lama yang membahas tentang aplikasi, software atau hardware dan yang lainnya terkadang memiliki tautan yang sudah berubah. Begitu juga metode tertentu yang mungkin ada pembaruan khusus pada versi baru.

Dengan demikian, sangat disarankan untuk menjadwalkan waktu khusus untuk memperbarui dan mengoptimalkan konten lama. Caranya yaitu dengan menambahkan informasi baru pada konten lama yang memerlukan update.

Selain itu, perbaiki juga tautan yang rusak yang mungkin sudah dirubah pada situs asalnya tanpa pemberitahuan sebelumnya. Oleh karena itu, kadang diperlukan juga menggunakan layanan pihak ketiga untuk memeriksa link yang sudah kadaluarsa.

6. Backlink

Backlink termasuk hal yang bisa membantu meningkatkan visibilitas blog Anda di mata mesin pencari. Misalnya dengan membuat tulisan di kompasiana, medium, quora yang disertai tautan ke situs blog kita.

Atau bisa juga ketika menjelaskan tentang produk tertentu maka berikan link aktif yang mengarah ke sana. Meskipun ini merupakan backlink untuk website produk tersebut akan tetapi yang didapat blog kita akan kembali bernilai positif.

7. Buat Daftar Email, Grup WA atau Channel Telegram

Tautan subscribe melalui email untuk pengunjung perlu disediakan. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan daftar email yang dapat digunakan untuk mengirimkan konten baru melalui feed atau newsletter. 

Selain itu bisa juga menyertakan tautan Channel Telegram atau group WhatsApp. Terutama jika Anda merasa email untuk saat ini kurang efektif. Terakhir, tambakan juga channel Youtube, SnackVideo, Helo atau TikTok yang bisa digunakan untuk menjaring pengunjung agar lebih banyak lagi.


C. Monetisasi Situs Blogspot

Arti monetisasi di sini adalah proses menghasilkan pendapatan atau keuntungan dari sebuah situs blogspot. Yang lebih diharapkan paling pertama di sini adalah menghasilkan uang yang didapat dari Google Adsense.

Dalam dunia digital, banyak situs web dan aplikasi yang menghasilkan pendapatan melalui berbagai cara, seperti iklan, langganan premium, penjualan produk atau layanan, atau model freemium di mana beberapa fitur gratis disediakan, tetapi fitur tambahan memerlukan pembayaran.

Selengkapnya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog Anda.

1. Menjadi Publisher dengan Menampilkan Iklan di Situs

Cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan. Bahkan tidak lengkap rasanya jika kita belum merasakan sebagai publisher. 

Oleh karena itu, bergabunglah dengan program periklanan yang ada. Sebagai contoh misalkan Google AdSense. 

Caranya tinggal kunjungi Google Adsense dan ikuti saja arahan selanjutnya.

2. Content Placement, Paid Post atau Sponsorship

Ketika situs blogspot sudah memiliki banyak pengunjung tiap harinya. Anda bisa menawarkan kesempatan CP (Content Placement) atau sponsorship kepada merek atau perusahaan yang relevan dengan niche kamu. 

Mereka dapat mengirimkan artikel khusus yang dengannya akan membayar sesuai kesepakatan. 

Atau metode lainnya dengan cara membayar Anda untuk menulis postingan yang mempromosikan produk atau layanan mereka.

3. Afiliasi

Ketika kita tergabung dengan program afiliasi seperti Tokopedia, Shopee, IDCloudhost atau lainnya. Maka tugas kita adalah menulis ulasan terkait produk-produk tersebut. Kemudian pundi-pundi uang akan kita hasilkan ketika pengunjung berhasil membeli produk terkait berdasarkan ulasan kita.

4. Menjual Produk

Video tutorial atau PDF yang dikemas khusus bisa menjadi pertimbangan sebagai jalan mencari penghasilan online. Tentu saja, ini jika Anda memiliki keahlian khusus atau pengetahuan yang berharga yang dibutuhkan orang lain.

Penutup

Membuat situs Blogspot sebagai sarana untuk mendapatkan uang adalah langkah yang menarik dan berpotensi menguntungkan. Namun, perlu diingat bahwa kesuksesan monetisasi situs Blogspot memerlukan ketekunan.

Penting juga untuk selalu memberikan nilai kepada pengunjung dengan menghormati kebijakan dan etika yang berlaku. Selain itu, seorang blogger perlu peka terhadap perubahan tren dan kebutuhan pasar.

Dengan demikian peluang untuk menghasilkan uang melalui situs Blogspot semakin terbuka lebar. Mudah-mudahan dengan menerapkan semua tutorial pada blog ini akan mengubahnya menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan.

Selamat mencoba.

Baca Juga

Share This:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts